cse

Loading

Rabu, 21 Agustus 2013

ANALISIS BIVARIAT



Analisis Bivariat
Jenis data : N,K
1.      KàK : Uji beda Proporsi
2.      KàN : Beda Rata-rata
a.      2 rata : T-Test
                                                              i.      Sampel tidak berpasangan : Independet Sample T-Tes
                                                            ii.      Sampel Berpasangan : Paired T-Test
b.      >2 rata2 : ANOVA
3.      NàK : idem
4.      NàN : Korelasi


7 Langkah Ringkas melakukan Uji Bivariat (berdasarkan Tujuan Penelitian) :
1.      Identifikasi variabel dalam tujuan penelitian
2.      Identifikasi Field dalam database
3.      Tentukan Karakteristik Field
4.      Tentukan jenis uji, hipotesis pengujian dan batas kepercayaan (CI).
5.      Jika terdapat salah satu atau kedua variabel NUMERIK, lakukan uji normality
6.      Lakukan uji, baca hasil dan interpretasikan
7.      Bahas :
a.      Membandingkan dengan teori yang relevan
b.      Bandingkan dengan masalah pada latar belakang
c.       Bandingkan dengan penelitian terdahulu atau data sekunder

Latihan 1.          Untuk megetahui hubungan antara tingkat pendidikan responden dengan pemeriksaan kehamilan.
1.      Independen : Tingkat Pendidikan Responde
Dependen : Pemeriksaan Kehamilan
2.      Tingkat pendidikan responden : didik
Pemeriksaan kehamilan : pernah
3.      Didik : K
Pernah : K
4.      Uji beda proporsi. H0 pengujian : Tidak ada perbedaan proporsi pemeriksaan kehamilan antara responden yang berpendidikan SD. SLTP, SLTA dan perguruan Tinggi. CI 95% (alpha = 0,05)
5.      Skip
6.      Uji, baca hasil, interpretasikan
P=0,000
P<0,05
H0 ditolak
A da perbedaan proporsi pemeriksaan kehamilan antara responden yang berpendidikan SD. SLTP, SLTA dan perguruan Tinggi. Berarti ada hubungan antara tingkat pendidikan dengan pemeriksaan kehamilan
Latihan 2.          Untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dengan pemilihan kontrasepsi
Latihan 3.          Untuk mengetahui hubungan pemeriksaan kehamilan dengan rencana tempat melahirkan.
Latihan 4.          Hubunga antara tingkat pendidikan dengan pekerjaan responden
Latihan 5.          Hubungan antara pernah/tidak mendapat tablet Fe dengan kadar Hb setelah hamil
Latihan 6.          Untuk mengetahui hubungan pemeriksaan kehamilan dengan rencana persalinan di fasilitas kesehatan


Tujuan Penelitian : untuk mengatahui hubungan antara pendidikan Ibu dengan keikutsertaan berKB
1.      Sebagai indep. Var : Pendidikan Ibu
Dep. Var : keikutsertaan berKB
2.      Pendidikan Ibu à didik
keikutsertaan berKB à akseptor
3.      Didik à K
Akseptor à K
4.      Uji Beda Proporsi. CI 95%. Ho (H0 penelitian/Pengujian):
5.      Skip
6.      Uji, baca, inter
P<0,05
H0 ditolak
Ada perbedaa …. …. Berarti ada hubungan antara pendidikan Ibu dengan keikutsertaan berKB

Analisis Bivariat
Jenis data : N,K
1.      KàK : Uji beda Proporsi
2.      KàN : Beda Rata-rata
a.      2 rata : T-Test
                                                              i.      Sampel tidak berpasangan : Independet Sample T-Tes
                                                            ii.      Sampel Berpasangan : Paired T-Test
b.      >2 rata2 : ANOVA
3.      NàK : idem
4.      NàN : Korelasi


7 Langkah Ringkas melakukan Uji Bivariat (berdasarkan Tujuan Penelitian) :
1.      Identifikasi variabel dalam tujuan penelitian
2.      Identifikasi Field dalam database
3.      Tentukan Karakteristik Field
4.      Tentukan jenis uji, hipotesis pengujian dan batas kepercayaan (CI).
5.      Jika terdapat salah satu atau kedua variabel NUMERIK, lakukan uji normality
6.      Lakukan uji, baca hasil dan interpretasikan
7.      Bahas :
a.      Membandingkan dengan teori yang relevan
b.      Bandingkan dengan masalah pada latar belakang
c.       Bandingkan dengan penelitian terdahulu atau data sekunder

Latihan 1.          Untuk megetahui hubungan antara tingkat pendidikan responden dengan pemeriksaan kehamilan.
1.      Independen : Tingkat Pendidikan Responde
Dependen : Pemeriksaan Kehamilan
2.      Tingkat pendidikan responden : didik
Pemeriksaan kehamilan : pernah
3.      Didik : K
Pernah : K
4.      Uji beda proporsi. H0 pengujian : Tidak ada perbedaan proporsi pemeriksaan kehamilan antara responden yang berpendidikan SD. SLTP, SLTA dan perguruan Tinggi. CI 95% (alpha = 0,05)
5.      Skip
6.      Uji, baca hasil, interpretasikan
P=0,000
P<0,05
H0 ditolak
A da perbedaan proporsi pemeriksaan kehamilan antara responden yang berpendidikan SD. SLTP, SLTA dan perguruan Tinggi. Berarti ada hubungan antara tingkat pendidikan dengan pemeriksaan kehamilan
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar